Posted in Materi, Tips & Trick, Wattpad - Story

Materi 2 – Writer’s Block

Writer’s block adalah keadaan di mana seorang penulis tidak dapat menuangkan segala idenya ke dalam tulisan. Pikiran menjadi buntu, otak terasa kaku, seolah ada yang menghalangi keluarnya gagasan. Tak satu pun kata, apalagi kalimat atau pun paragraf yang mampu dihasilkan oleh sang penulis.

Berikut ini ada beberapa penulis terkenal berbicara soal writer’s block:

  • E.S Ito (Negara Kelima dan Rahasia Medee)

Realitasnya kita memang tidak bisa menulis terus menerus, walaupun bahan-bahan yang dibutuhkan cukup tersedia. Untuk mencegah mentok dalam menulis ya jangan dipaksakan kalau sedang tidak mood.

  • Ratih Kumala (Tabula Rasa, Genesis dan Larutan Senja)

Aku kalau merasa udah over load lebih baik istirahat dulu. Sekarang-sekarang ini aku enggak memaksakan diri untuk terus-terusan menulis, karena memaksakan juga hasilnya gak akan bagus. Tulisanku gak maksimal. Tapi di antara waktu jeda itu, aku juga menghibur diriku dengan baca buku-buku fiksi yang bagus. Jadi, sedikit demi sedikit aku berusaha memancing mood-ku sekalian.

  • Raditya Dika (Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, dll)

Ya harus dipaksain. Masalah mood itu kan cuma alasan. Kalau kita turutin, kapan selesainya sebuah karya. Jadi menurut gua sih bullshit aja, mending langsung dikerjain. Mau jelek, biarin jelek. Tulisan jelek lebih baik dari pada gak ada tulisan sama sekali.

Penyebab Writer’s Block :

  • Inkonsisten dalam menulis

Tidak konsisten menulis ini contohnya saat sedang mengerjakan satu novel atau cerpen tiba-tiba di tengah jalan muncul ide lain dan justru membuat cerita baru yang berbeda. Sehingga cerita terdahulu justru mengalami kebuntuan.
P.s : ini banyak dialami oleh para penulis yang kebanyakan ide.

  • Adanya kegiatan lain di luar tulis-menulis

Ini mungkinnya akan dan pasti dialami oleh setiap penulis, terutama penulis online seperti wattpad. Anak sekolah, kuliah, kerja bahkan ibu rumah tangga pasti memiliki kegiatan lain di luar menulis.

  • Terlalu Lama Menunda Tulisan

Mungkin menunda tulisan sementara dapat menyegarkan pikiran. Teyapi jika terlalu lama menundanya, akan berakibat terkena virus writer’s block sangat besar.

  •  Krisis PD

Hal ini bisa terjadi pada penulis yang mungkin masih baru memulai tulis.menulis. Penulis akan berpikir, “apakah cerita ini bagus?” “ah tapi kayaknya jelek deh.” Dan lain sebagainya. Sehingga menimbulkan penundaan yang lama untuk kembali menulis atau melanjutkan cerita.

  • Pandangan remeh orang terhadap profesi penulis

Masih ada banyak orang beranggapan bahwa menjadi penulis bukanlah profesi yang bagus. Penghasilan penulis yang tentunya bergantung pada hasil penjualan menjadi pemicu besar. Penulis yang tidak memiliki mentaal kuat dalam mendengarkan presepsi orang-orang ini pasti akan dengan mudah terganggu dan menimbulkan kemalasan dalam melanjutkan tulisannya hingga dia merasa yakin dengan apa yang dijalankannya.

  • Ego Tinggi

Suatu karya sebagus apapun itu pasti akan tetap mendapatkan kritikan. Jadi, seorang penulis harus menbuang ego-bya jauh-jauh dan menerima kritikan itu sebagai masukan. Bukannya justru merasa rendah dan memutuskan untuk berhenti dan mulai berpikir kembali, tetapi cobalah untuk membuat cerita yang lebih baik lagi.

  • Kesehatan yang tidak prima

Dalam membuat sebuah tulisan penulis tentunya juga membutuhkan keadaan yang optimal. Jika kesehatan sedang menurun tentunya akan sulit bagi penulis untuk menciptakan sebuah tulisan.

  •  Tempat menulis yang tidak pas

Tempat menulis yang tidak pas dapat menjadi faktor juga. Contohnya keadaan tempat menulis yang ramai sementara penulis menbutuhkan tempat yang damai dan tentram untuk menulis.

  •  Masalah pribadi

Masalah pribadi pasti sangat mengganggu bagi seorang penulis. Contohnya penulis yang sedang ada masalah dengan pacarnya akan sulit menciptakan adegan romantis.

Trik jitu mengatasi writer’s block

  • Segarkan Pikiran

Terlalu lama berada di depan komputer, berpikir dan menuangkan gagasan ke dalam tulisan, membuat otak menjadi lelah. Jika sudah begitu, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk menulis di depan komputer. Pergilah keluar, cari udara segar. Ketika kembali, otak akan menjadi lebih segar dan siap untuk bekerja.

  • Ciptakanlah tempat menulis yang nyaman

Ruang tempat menulis sangat mempengaruhi produktivitas seorang penulis. Jika Anda mempunyai ruang ber-AC mungkin itu akan terasa lebih nyaman ketimbang sebuah kamar kecil yang pengap.

  • Carilah waktu terbaik untuk menulis

Setiap penulis mempunyai waktu terbaiknya untuk menulis. Tentu, waktu itu berbeda antara seorang penulis dengan penulis lainnya. Anda dapat mempelajari kapan Anda merasa lebih lancar menuangkan ide ke dalam tulisan, misalnya, pagi hari, siang hari atau malam hari. Berdasarkan pengalaman, waktu terbaik saya menulis adalah pagi hari, beberapa saat setelah bangun tidur, ketika otak masih segar. Pelajari waktu terbaik Anda dalam menulis, dan menulislah secara rutin pada waktu itu

  • Asahlah kemampuan menulis Anda

Mengasah kemampuan adalah hal yang sangat penting bagi seorang penulis. Menulis bukan sekedar merangkai kata. Menulis adalah seni yang harus didukung dengan teknik yang baik. Pelajari struktur sebuah kalimat efektif, peta/map sebuah paragraf dan jenisnya, kalimat transisi, headline yang menarik, dan lain sebagainya.

  • Carilah informasi tentang topik yang sedang  Anda tulis

Salah satu sebab mengapa otak terasa “blank” ketika menulis adalah kurangnya informasi tentang topik yang akan ditulis. Informasi itu bisa didapat dengan berbagai cara. Membaca adalah cara utama yang bisa dilakukan. Membaca adalah pekerjaan wajib seorang penulis. Dari tulisannya kita bisa mengetahui apakah membaca banyak buku atau tidak.

* * *

Sumber :

http://warungfiksi.net/9-penyebab-writers-block-kenali-dan-hindari/

http://warungfiksi.net/banyak-jalan-untuk-merontokkan-writers-block/

http://m.kompasiana.com/crackpot/lima-trik-jitu-mengatasi-writer-s-block_55193fbda33311a116b65931

Author:

Executive Club adalah sebuah grup kepenulisan yang lahir dari Wattpad dan berbasis LINE.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s